Teori pembuatan Adaptor tanpa Regulator

Adaptor

Adaptor adalah suatu alat yang fungsinya untuk mengubah tegangan AC
menjadi tegangan DC. Fungsi utamanya sebagai pengganti batu baterai atau aki sehingga banyak diperlukan untuk menjalankan pesawat elektronika, seperti Radio, tape recorder, TV dll.

Adaptor berasal dari kata “to adapt”, artinya menyesuaikan. Adaptor banyak diperjualbelikan di pasaran atau toko dengan berbagai merk dan ukuran yang kita inginkan. Alangkah baiknya, kalau kita juga bisa membuatnya.

Menggambar Rangkaian Adaptor Tanpa Regulator

  • Penyearah setengah Gelombang (Half Wave)

Yang dimaksud dengan penyearah adalah komponen yang dapat mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC). Penyearah tunggal menggunakan satu buah diode.

Jika tegangan bolak balik (AC) diberikan pada  diode penyearah maka pada saat anode mendapat pulsa (+) diode mengalirkan arus dan pada saat anode mendapat pulsa (-) diode tidak mengalirkan arus.

  • Penyearah Ganda (Full Wave)

Untuk memperoleh penyearah yang lebih sempurna maka dibuatkan penyearah ganda dengan menggunakan dua buah diode sebagai penyearah. Penyearah setengah gelombang hanya digunakan untuk alat-alat yang kecil, seperti radio, tape recorder, dan alat lainnya, sedangkan untuk alat penyearah yang lebih besar harus menggunakan adaptor penyearah ganda (Full Wave). Biasanya penyearah ganda tidak harus menggunakan

Perihal

just 4 fun

Ditulis dalam Elektronika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s