Komputer Gelap Part 2 (istilah-istilah)

Bladeeerr saatnya ilmushoru berbagi lagi pengetahuan tentang dunia gelap dalam perkomputeran.. hahay🙂

wokeh setelah waktu itu kita bahas ActiveX dan Proxy Server, sekarang saatnya saya berbagi lagi tentang Back Door, Bacteria dan KeySpace.

Back door

Pintu belakang, begitu kira-kira artinya, hehe🙂. tapi dalam istilah komputer gelap back door adalah suatu jalan khusus yang dibuat oleh programmer untuk masuk ke dalam sistem (tanpa permisi).

Hanya beberapa programmer saja yang mengerti  setiap kode perintah yang terdapat di dalam sistem operasi🙂 Karena itu seorang hacker bisa mengakses jalan menuju sistem menggunakan kode perintah yang tidak diketahui oleh programmer dan otomatis ini tidak akan mempengaruhi kinerja sistem operasi tersebut..🙂 so hacker bisa masuk ke dalam sistem operasi tanpa diketahui.. begitu lah kira-kira🙂.

Bacteria

Apakah komputer bladeer semua pernah mengalami kasus yang seperti ini? seperti hard disk menjadi penuh, banyak folder tidak tau dari mana asalnya tiba-tiba muncul di dalam hard disk anda, atau bahkan kinerja komputer anda menjadi lambat..??

Mungkin salah satu penyebabnya adalah suatu program yang disebut Bacteria. Bacteria merupakan program yang memakan  sumber daya sistem dengan mereplikasi dirinya sendiri dan tidak secara langsung merusak file. Tujuannya hanya memperbanyak diri.

Bacteria yang sederhana hanya mengeksekusi dua kopian dirinya secara simultan pada sistem multiprograming atau menciptakan dua file baru yang masing-masing merupakan program bacteria, kopian program tersebut mengkopi dirinya sendiri dan terus melakukan kegiatan tersebut  hingga mengambil alih semua kapasitas pemproses, memory atau ruang yang ada dalam hard disk, yang akan mengakibatkan penolakan pengaksesan pemakai sumber daya. (kamus)

KeySpace

Merupakan banyaknya perubahan bentuk key-selected terpisah yang didukung oleh cypher tertentu. Secara normal diuraikan dalam kaitannya dengan bit, seperti pada jumlah bit yang diperlukan  tiap-tiap kunci yang terpisah. Ini juga merupakan jumlah status yang diperlukan untuk mendukung suatu nilai yang dinyatakan untuk setiap kunci. KeySpace di dalam biat adalah log2 (base-2 logaritma) jumloah kunci yang berbeda, dengan ketentuan bahwa semua kunci sama.

Cryptography sangat ideal jika mempunyai jumlah kunci yang banyak dan dilakukan secara random. Pada umumnya cryptanalys harus mencari sebagian dari kemungkinan kunci tersebut dan memeriksanya satu persatu, yang sering digunakan dalam serangan brute-force.

Walaupun brute force bukan satu-satunya kemungkinan serangan, kemungkinan serangan akan selalu ada dengan algoritma dan metode apapun. Oleh karena itu, kemampuan untuk membalas suatu serangan brute force bisa dilakukan dengan mendesain cypher dengan kunci dan algoritma yang handal sehingga para cryptanalys membutuhkan waktu yang relatif lama untuk menemukan kunci cyper tersebut.

Cyper yang sederhana memerlukan keyspace yang cukup besar tuntuk mempertahankan cypher tersebut dan suatu brute force attack bisa menggunakan perhitungan yang baru seperti DNA atau molecular computation, yang menggunakan teknologi kunci dengan panjang 120 bit.

Teknologi yang menggunakan kunci 120 bit akan dengan mudah membangun suatu cypher yang effisien dengan menggunakan kunci yang lebih panjang. Kunci yang lebih panjang digunakan untuk mendesain cypher dengan lebih baik. Kadang kala dengan kunci yang lebih kecil prosesnya akan lebih baik dalam mempertahankan suatu serangan brute force dibandingkan dengan kunci 120 bit dan dengan kunci 120 sudah cukup untuk mempertahankan serangan brute force.

begitu kira-kira🙂 . sekian dulu nanti kita share lagi🙂

Perihal

just 4 fun

Ditulis dalam Computer, Hacker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s