Elektrostatik dan Potensial Listrik

Elektrostatik

Jika kita mengetahui teori atom dan elekron, maka kita dapat memahami tentang listrik. Listrik dibagi menjadi 2 bagian, yaitu listrik yang tidak mengalir atau elektrostatik dan listrik yang mengalir atau elektrodinamik. Untuk itu, kita bahas dahulu hal-hal yang dapat menimbulkan adanya muatan listrik statis dari hasil percobaan berikut.

  1. Apabila sepotong plastik digosokkan pada rambut yang kering maka plastik mendapat muatan negatif (-). Hal ini disebabkan adanya elektron yang pindah dari rambut ke plastik sehingga rambut menjadi bermuatan listrik positif.
  2. Apabila sepotong kaca digosokkan pada kain sutra maka kaca akan mendapat muatan positif. Hal ini, disebabkan adanya elektron yang pindah dari kaca ke sutra sehingga kaca memperoleh muatan positif.

Potensial Listrik

Gaya yang menyebabkan bergeraknya elektron bergantung pada besar muatan yang menarik dan yang menolaknya. jadi, bergeraknya elektron karena terjadinya perbedaan potensial atau selisih potensial.

Perbedaan potensial atau selisih potensial disebut juga tegangan listrik atau potensial listrik. Apabila dua buah benda terdapat perbedaan muatan listrik positif (+) dan negatif (-), pada kedua benda tersebut terdapat beda tegangan atau beda potensial. Oleh karena adanya beda potensial maka timbullah arus listrik, begitu pula sebaliknya.

 

 

(Elektronika : Drs. Dadi Suryana, Drs. Ferdinand M, Drs. Ervin Narto)

Perihal

just 4 fun

Ditulis dalam Elektronika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s