Albert Einstein (Tak pernah mementingkan Medali / Penghargaan)

strange-albert-einstein

Einsten adalah seorang ilmuan besar, mungkin salah satu yang terbesar sepanjang masa. Sudah sering ia mendapatkan penghargaan karena berbagai makalah dan karya ilmiahnya. Namun, dia terkenal tak acuh terhadap penghargaanya tersebut. Jika tidak diingatkan berulang kali oleh istrinya, Einsten mungkin sudah lupa mengambil dua buah medali yang dianugrahkan oleh British Royal Society dan Royal Astronomical Society di Kementrian Luar Negri AS. Setelah mengambilnya pun, Einstein merasa tak ada yang istimewa.

Hal yang disukainya adalah pergi menonton film bersama istrinya di bioskop. Suatu kali, setelah menikmati sebuah film, dalam perjalanan pulang istrinya bertanya seperti apa bentuk medali tersebut. Namun, Einstein menjawab tdak tahu karena belum membukanya sama sekali.

Suatu hari, Einstein membaca surat kabar dan melihat artikel mengenai Niels Bohr yang mendapatkan medali American Banard Medal. Di artikel itu juga mencantumkan namanya sebagai penerima medali pada periode sebelumnya. Penghargaan itu hanya diberikan secara rutin sekali dalam empat tahun kepada ilmuan dunia pilihan. Setelah membaca artikel tersebut, Einstein menunjukkannya pada sang istri dan menanyakan apakah itu benar karena ia tidak ingat sama sekali pernah menerimanya.

Itulah Einstein. Sosok yang tak mengenal tanda penghargaan.

Pada saat menghadiri sebuah acara di Prussian Academy, seorang tokoh penting bernama Walter Nernt menghampiri Einstein. Ia tertarik dengan pakaian Einstein yang tidak menempelkan medali Pour le Merit.

“Apakah istri anda lupa memasangkannya di baju anda?” kata Walter.

“Tidak, dia ingat. Aku saja yang tidak mau memakainya.” jawab Einstein.

Begitulah Einstein. Dia senang pekerjaannya dihargai, tapi bukan itu tujuan akhir hidupnya. Ia bekerja bukan untuk mendapatkan medali atau piala. dia bekerja untuk memecahkan masalah yang ia temukan dalam keilmuannya.

“Tidak Semua hal pentik dapat dihitung, dan tidak semua yang dapat dihitung itu penting.” (Albert Einstein,)

Dikutip dari buku “101 kisah inspiratif – Assep Purna”.

Perihal

just 4 fun

Ditulis dalam Kisah Inspiratif Tokoh Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s